Rabu, 06 Juni 2012

Buku Desain Sepeda Indonesia: Dari Kreatif Untuk Para Kreatif

Buku Desain Sepeda Indonesia: Dari Kreatif Untuk Para Kreatif

Penulis : Dudy Wiyancoko
Penerbit : KPG(kepustakaan Populer Gramedia), 2010
Tebal : ix + 357 halaman, 17 x 23 cm
Harga Rp. 80.000,-
Diskon 20% Rp. 64.000,- STOCK TERBATAS.


Buku Desain Sepeda Indonesia: Dari Kreatif Untuk Para Kreatif
Buku ini disusun dengan harapan bisa menyumbang pengetahuan bagi masyarakat tentang apa itu sepeda, bagaimana peran desain pada sepeda, dan makna penting yang bisa diperoleh melalui kompetisi desain sepeda. Segera dapatkan buku yang mampu membuka wawasan desain sepeda Indonesia ini. Sebuah karya anak bangsa untuk mewarnai wajah desain sepeda dunia. Buku karya Dudi Wiyancoko, ketua divisi Desain Produk Industri, FSRD Institut Teknologi Bandung, ini sangat menarik untuk disimak. Berbagai hal mengenai perkembangan dan dinamika desain sepeda, termasuk pula lomba desain sepeda diulas lengkap di dalamnya. Sepeda kini kian bergaya. Maraknya gaya hidup sehat, peduli lingkungan, dan munculnya berbagai komunitas pesepeda menjadikan sepeda symbol gaya hidup kelas menengah kota. Sepeda cermin identitas pengguna: sepeda gunung mencitrakan sosok aktif dan tangguh, sepeda lipat merefleksikan pribadi yang luwes dan praktis.

Seperti apa sepeda masa depan? Selain memuat sekilas sejarah persepedaan dan dinamika komunitas pesepeda di Indonesia, buku ini menampilkan berbagai karya desainer sepeda Indonesia yang terhimpun lewat empat kali penyelenggaraan Kompetisi Desain Sepeda Polygon sejak 2005. Eksplorasi sosok sepeda, otak-atik rangka dan roda, serta keasyikan berkreasi mencari bentuk-bentuk sepeda baru oleh para desainer membuktikan bahwa Indonesia bukan hanya bisa memakai, tapi juga mampu mencipta sepeda dengan desain inovatif.

Ada dua pesan penting sebagai kata pembuka dari buku ini yang patut untuk direnungkan. Pertama yakni “Sepeda memiliki daya untuk menggerakkan pengguna agar saling berkomunikasi, bertukar pengalaman, dan berhimpun menjadi berbagai komunitas”. Sedangkan yang pesan kedua lebih mengarah ke teknis desain sepeda, “Dalam desain sepeda tidak ada struktur, warna, bentuk, maupun komponen yang didesain tanpa fungsi. Semua harus mengacu pada fungsinya”.

Melangkah lebih dalam, buku ini mengulas lebih detil berbagai hal. Di antaranya:
- Sepeda dan Komunitas
- Catatan Sejarah Sepeda
- Perkembangan Sepeda di Indonesia
- Selintas Rintisan Polygon
- Desain, Sepeda dan Masyarakat
- Desain Sepeda untuk Semua
- Mendesain Sepeda
- Jenis Sepeda
- Tips Mendesain Sepeda
- Kompetisi Desain Sepeda Polygon

Ide penulisan buku ini berangkat dari keinginan untuk memajukan desain sepeda di Indonesia sembari menghargai hasil kreatifitas anak negeri. Buku Desain Sepeda Indonesia ini juga merangkum catatan-catatan tentang desain sepeda Polygon sebagai dukungan terhadap industri "dari-oleh" anak negeri. Dengan adanya buku ini, hasil karya desainer produk sepeda saat berlangsungnya Polygon Bike Design Competition bisa terdokumentasi, sehingga bisa menjadi acuan sekaligus terlindungi dari penjiplakan orang lain. Ide-ide desain yang dihasilkan selama kompetisi bertahun-tahun, bila disusun sedemikian rupa, sebenarnya merupakan database ide yang sangat berharga dan bentuk penghargaan bagi para kreatif dan kreatifitas anak negeri.

Untuk pemesanan hubungi via mularto@gmail.com atau di 082 1234 05088
Setiap 1 buku yang terjual kami sisihkan Rp. 1.000 untuk yatim piatu

0 komentar:

Posting Komentar