Minggu, 01 Desember 2013

FIKIH MUAMALLAH KLASIK DAN KONTEMPORER

 Penulis :  Prof Dr. H. Ismail Nawawi, 

Penerbit Ghalia
Harga Rp. 85.000,-
Harga Elbe Rp. 75.000 (Hemat 10.000)




Deskripsi Ringkas :

Hukum, dalam pandangan Islam, tidak saja berhubungan dengan kehidupan dunia, tetapi juga berkaitan erat dengan kehidupan akhirat, sebagaimana dalam jual beli yang mengatur kemaslahatan manusia dengan manusia lain agar hak dari masing-masing individu manusia terlidungi dan dapat mencapai kesepakatan saling suka sama suka ( 'an tar, dhin ). Dengan kata lain, hukumnya tak hanya untuk mengatur kemaslahatan manusia, namun juga berkaitan dengan kondisi spiritual yang harus dipertanggungjawabkan di hadapan Allah swt.

Buku ini meninjau aspek hukum Islam yang terfokus pada masalah ekonomi, bisnis, dan masalah-masalah sosial, sebagai suatu tuntutan kemajuan perkembangan bisnis di era globalisasi ini. Dalam ekonomi bisnis dewasa ini, tidak terlepas dari penggunaan pola bisnis modern terkait, seperti kartu kredit, giro, obligasi, deposito, saham, dan sebagainya, dan buku ini membahasnya dalam aspek hukum Islam. Disamping itu, buku ini juga membicarakan sistem bisnis tradisional, pasar modal dan bursa efek, koperasi, asuransi, dan reksa dana.

Buku yang terdiri atas dua puluh sembilan bab ini dibagi ke dalam empat bagian. Bagian pertama : Perjanjian dan Bisnis ; membicarakan dasar-dasar muamalah, teori riba, jual beli, hak pilih dalam jual beli, mur,bahah, sistem kredit, kartu kredit syariah, inden, saham, dan obligasi. Bagian Kedua : Kerja Sama Industri dan Pertanian ; membahas usaha dan kepailitan, permodalan, pertanian, perkebunan, dan pemberdayaan tanah. Bagian Ketiga : Sosial Ekonomi ; membahas pinjaman, utang, dan pengalihan utang, persewaan, dan pengupahan, jaminan dan pegadaian, barang titipan, tabungan, giro dan deposito, perwakilan dan pengalihan tanggung jawab, investasi, wakaf, pemberian tanpa kompensasi, judi, lomba, dan undian berhadiah. Bagian Keempat : Masalah Ekonomi, Kelembagaan, dan Mediasi ; membicarakan pasar modal dan bursa efek, koperasi, asuransi, rekasa dana, dan mediasi dalam bisnis. 


Pembelian Hubungi 082 1234 05088

0 komentar:

Posting Komentar