Minggu, 06 Januari 2013

RINGKASAN HADITS SHAHIH MUSLIM

RINGKASAN HADITS SHAHIH MUSLIM

 






Hadits Nabi SAW, bukan sekedar kata-kata biasa, melainkan wahyu dar Allah SWT, disamping Al-Qur'an sendiri meskipun kata"wahyu" itu tidak hanya satu pengertiannya. sedang Rasulullah SAW sendiri telah berwasiat bahwa beliau meninggalkan dua hal yang apabila deduanya dijadikan pedoman hidup, maka manusia tidak akan tersesat, yaitu kitab Allah dan hadtis Rasul-Nya.

Ad...a beberapa Imam atau tokoh yang berhasil melacak dan menghimpun hadits-hadits Rasulullah SAW, misalnya Al-Bukhari, Muslim, Abu Dawud, Turmudzi, Nasa'i, Ibnu Majah, Ibnu Hanbal, dan lain-lain. Diantara sekian Imam tersebut ada yang digelari "Asy-Syaikhani" atau dua Imam besar dalam bidang hadits, yaitu Al-Bukhari dan Muslim, yang hadits keduanya ditempatkan sejajar oleh para ulama dalam keshahihannya diatas hadits-hadits yang diriwayatkan oleh imam-imam yang lain.

Banyak kitab yang ditulis oleh Imam Muslim yang banyak dijadikan referensi oleh dunia Islam selain "Shahih Muslim", Misalnya: Al-Musnad Al-Kabir, Al-Jami', Al-Asma' wal Kauniyyah, Al-Afrad wal Wihdan, Al-Aqran, Masya'ikh Ats-Tsauri, Tasmiyatu Syuyuki Malik, Kitabul Mukhadramin, Kitab auladsh Shahabah, Ath-Thabaqat, Auhamul Muhadditsin, Afradus Syamiyin, At-Tayiz, dan Al-I'lal.

Semula Imam Muslim berhasil menghimpun 300.000 hadits, lalu beliau seleksi keshahihannya hanya tinggal 7.275 hadits, namun dari jumlah ini hanya sekitar 4.000 hadits yang termuat dalam kitab "Shahih Muslim" dengan mengesampingkan hadits-hadits yang terulang-ulang.

Jumlah tersebut tidak semuanya dicantumkan didalam kitab terjemahan ini, karena hanya dipetik-petik intisarinya saja oleh penyusunnya Al-Hafizh Abdul 'Azhim bin Abdul Qawi Zakiyuddin Al-Nundziri sehingga tinggal 2.179 Hadits.

Hadits yang dibagian akhirnya terdapat penjelasan " Hadits ini juga diriwayatkan oleh Al-Bukhari" berarti hadtis ini sama-sama ada didalam riwayat Al-Bukhari dan Muslim. Demikian itu tidak mengherankan, karena Imam Muslim memang pernah menerima hadits dari Imam Al-Bukhari, tetapi Imam Muslim mempunyai keunggulan didalam pengelompokan hadits-hadits pada bab-bab yang sesuai dengan pokok bahasannya.

Harga Rp. 160.000,-
Diskon 15% Rp. 136.000,-

Pembelian hubungi 082 1234 05088
Setiap 1 buku yang terjual kami sisihkan Rp. 1.000 untuk dhuafa

Pembeli buku ini juga membeli buku :
Misteri Firaun Musuh Para Nabi
Kado Pernikahan
Fiqh Wanita
Sejarah Hidup Muhammad

Sumber : Langit Buku di Toko Bagus

0 komentar:

Posting Komentar